Minggu, 31 Agustus 2014

Pengalaman Tes D3 PLN - ITS

Assalamualaikum…
Hai hai, aku mau bagi bagi nih. Tapi bukan duit ye. Aku mau bagi bagi pengalaman tes di D3 Kerjasama PLN dengan ITS tahun 2014/2015. Kalian pada tau toh? *jelas lah buktinya pada browsing*

Sekilas Tentang D3 PLN
Kelas kerjasama ini dibentuk oleh PLN dengan menggandeng beberapa Perguruan Tinggi. Seperti UNDIP, POLINEMA, ITS, dll *gatau banyak*. Jurusannya D3 Teknik Elektro tapi ada juga yang Teknik Listrik seperti di POLINEMA. Jumlah maba yang diterima relatif sedikit, kalo tahun ini 25 anak. Tapi sepertinya SKSnya gak jauh beda, liat aja disini. Tesnya biasanya ada 4 tahap (akademik, psikotest, kesehatan I & II, wawancara). Tapi waktu aku tes dulu tes kesehatannya di  bagi 2, karena mungkin waktu itu bulan Ramadhan.
Banyak bingit tesnya? Iya lah, soalnya ini sama kaya tes pegawai. Emang bisa langsung jadi pegawai? Yupss, tapi ada beberapa syarat. Yaitu tes kesehatan dan tes wawancara sebelum OJT. Selama kuliah IPK minimum adalah 2,75 dan masa kuliah maksimum 7 semester. Next…

Tahapan Tes D3 Kerjasama PLN dengan ITS
Catatan : ini semua berdasarkan pengalamanku loh ya.


1.       Tes Akademik
Hari selasa tanggal 1 Juli 2014, ruangku di BB303. Materi tesnya Fisika, Matematika, Bahasa Inggris. Persiapanku waktu itu belajar banyak tentang materi Listrik, secara kan jurusannya elektro.  Soalnya ada 100 butir, soal Fisika 40 butir, Matematika 40 butir, dan Bahasa Inggris 20 butir. Kalo bener +4, salah -1, kosong 0. So, kalo gak yakin dikosongin aje, daripada nilai minus.

2.       Tes Psikotes
Tesnya sama aja kaya tes psikotes masuk smp ato sma. Cuma yang beda ada tes Wartegg, gambar, sama Kraeplin/Pauli/Koran. Tes Wartegg sama gambarnya sih ga masalah, tes Korannya itu loh. Omo…





a.       Tes Wartegg
Jadi tes wartegg itu kamu nanti di kasi lembaran yang ada 8 kotak, yang didalemnya ada beberapa pola. Kamu disuruh melanjutkan pola itu. Jangan pake gambar yang biasa di buku ato internet. Berimajinasi lah.


b.      Tes Gambar
Tes gambar cuma disuruh gambar pohon sama orang. Untuk gambar orang, dia harus ada aslinya. Kaya ibumu kamu gambar, itu kan ada aslinya. Bukan gambar upin ipin ato doraemon. Setelah gambar, kamu disuruh memberi nama orang yang kamu gambar, profesinya, hubungan sama kamu (seperti ibu, ayah, guru, kakak, ade), kelebihan dan kekurangan orang yang digambar (bukan gambarnya, seperti gambarnya jelek ato apa).







c.       Tes Kraeplin / Pauli / Koran
Nah ini, tes Koran. Kamu nanti dikasih 1 lipatan kertas yang kalo dibuka ternyata gedenya naudzubillah, serem. Dan yang lebih serem isinya angka semua *ya Allah*, horornya lagi itu kertas bolak balik angka semua.
Jadi tugasmu adalah menjumlahkan angka angka itu, dalam jangka waktu tertentu. Jadi gak selalu semua keisi, tergantung anaknya juga. Waktu itu aku cuma dapet sisi pertama sama setengah sisi kedua. Ini untuk mengetahui bagaimana sikap terhadap tekanan, ketelitian, ketahanan, konsisten, dll dah.
Mataku sampe juling gara-gara tes ini.

3.       Tes Kesehatan I (Tes Fisik)
Yang di tes adalah tekanan darah, mata, keseimbangan, bentuk tubuh, bb dan tb, tes tremor/parkinson, dan ada tidaknya ambeien/wasir.

4.       Tes Kesehatan 2
Yang dites lebih banyak, seperti darah lengkap, urin, jantung, audiometri, dan thorax. Ini sebelumnya harus puasa selama 10-12 jam. Dan juga harus olahraga yang cukup. Tapi jangan olahraga berat, olahraga hanya sekedar jalan-jalan atau bersepeda.

5.       Tes Wawancara
Jeng jeng… tes wawancara tiba. Aku sebenarnya agak takut sama tes ini, secara ini tes wawancara pertamaku.
Sebelum tes aku browsing tentang apa saja yang biasanya ditanyakan penguji, lalu mencari tentang d3 PLN, ITS dan PLNnya itu sendiri. Biar gak katrok gitu.
Jadi sebelum masuk ruang uji kamu dikasih seperti esay. Ada 2 pertanyaan, tapi satu saja yang perlu dijawab. Pertanyaannya tentang keseharian kamu, seperti pernah gak bantu orang lain, pernah punya target yang yang harus dicapai gak, waktu senggang ngapain aja. Jawabnya pake metode STAR (Situasi seperti apa, Tugas apa yang harus dilakukan, Aksinya bagaimana, Result/Hasilnya bagaimana). Udah gitu aja.
Yang ditanyakan penguji juga gak jauh-jauh amat dari esai yang kita isi.

6.       Pengumuman Akhir
29 Agustus 2014, sejak jam 5 pagi aku udah buka webnya ITS. Tapi belum ada juga, sampe frustasi nunggu sama ibu. Dan akhirnya sekitar jam 11an aku buka lagi udah ada pengumumannya. Tanganku gemeteran waktu nulis nomer peserta. Dan eng ing eng… Alhamdulillah aku lolos, senengnya tuh disini. Padahal tes pertama anaknya banyak bingits, aku sempet gak pd waktu te tulis. Tapi Alhamdulillah, akhirnya impian sekolah di ITS kesampaian juga.

Sekian ya bagi-baginya, semoga bermanfaat. Di tunggu ya Tips Tes D3 PLNnya. Jangan lupa comment.

Assalamualaikum. Annyeong…..

Referensi :
https://www.google.co.id/imghp

20 komentar:

  1. Tes kesehatannya itu sampe buka baju atau yg parah2 gitu gak? Terus tes wasir itu spti apa? Tolong tes kesehatannya dijrlaskan lebih detail krna saya ingin coba daftar d3 pln juga.thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pertanyannya. Kalau dari pengalaman saya, waktu tes kesehatan iya buka baju. Tapi tentu di tempat tertutup dan terpisah, dan itu satu persatu masuknya. Kalau rontgen, sebatas telanjang dada. karena yang di periksa thorax. Kalau pemeriksaan fisik, diperiksa sekujur tubuhnya. Pemeriksaan wasir, maaf sebelumnya, jari dokternya di masukkan ke anus. Karena untuk mengetahui ada benjolan atau tidak. Menurut saya itu tidak parah atau tidak sewajarnya. Karena memang seperti itu cara pemeriksaannya. Terimakasih :)

      Hapus
  2. Ini ndak dek nanda d3k PLN 14?

    BalasHapus
  3. apakah di tahun 2015 akan dibuka pendaftaran lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAllah di ITS iya, biasanya setelah sbmptn. Stalk smits.its.ac.id aja untuk info lebih lanjutnya

      Hapus
  4. Untuk tes nya materi apa ya kira2 yg keluar di matik dan fisika? Terimakasih sblmnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingat saya matematikanya kaya yang di unaskan. yang materi fisiki lebih banyak di kelistrikan.

      Hapus
  5. Kakak boleh bagi info apa saja yg ditanyakan di tes wawancara? Mohon infonya ya kak.. terima kasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. tes wawancara sebelumnya di suruh mengisi anget. isinya tentang bagamaina diri kamu. pertanyaannya nanti seputar apa yang kamu tulis. dan juga biasanya di suruh menceritakan pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti

      Hapus
  6. Kak Nanda, Kerjasama ITS-PLN ini sampai kapan ya?
    Makasih kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya kurang tahu masalah sampai kapannya. tapi setahu saya mahasiswa semester akhir dites, kalau masuk berapa besar gitu, bakal dilanjut kerjasamanya. tapi sepertinya tahun 2015 ini tidak ada.

      Hapus
  7. Astaga ane ga sengaja nemu blog ini tang. Niat ane cuman pengen tau sistem kerjasama pln its, yg muncul ginian ahhahaha. Good taste (y)
    -2214038022-

    BalasHapus
  8. Kak nanda saat tes fisik keseimbangan bagaimana ya kak?saya masih ragu sama tes keseimbangan. Saya tes pln tahun ini kak tinggal tes kesehatan sama wawancara aja. Mohon doa nya ya kak:)

    BalasHapus
  9. kak numpang tanya apa tips biar lolos tes psikotes ?

    BalasHapus
  10. kak, ada soal2 latihannya gak?

    BalasHapus
  11. kak,berarti gak pake tes TPA kaya di sbm?

    BalasHapus
  12. Sangat membantu sharingnya, semoga bermanfaat untuk teman-teman calon mahasiswa baru :)

    BalasHapus
  13. Mohon maaf sebelumnya. Mau tanya, apa klo jurusan IPS gk bisa masuk DI ITS mbak....??

    BalasHapus